Jenis-jenis Jaringan komputer

Hallo, kawan-kawan semua. Apa kabar? Baik kan?

OK, Pada kesempatan yang baik ini, aku si penulis akan berbagi sedikit ilmu mengenai Jenis-Jenis Jaringan Komputer. Melanjutkan Materi kemarin mengenai Dasar Jaringan yang bisa kalian ulang disini.

Apa aja Jenis-jenis Jaringan komputer? Check this out.

Selamat membaca. Semoga bermanfaat.

Jaringan Komputer bermacam-macam. Diantaranya :
1. Berdasarkan Koneksi (Keterhubungan)
Broadcast Links.
Adalah bentuk jaringan dari koneksi yang memiliki satu kanal komunikasi yang dibagi oleh semua peralatan dalam jaringan.
Point-to-point Links
Adalah bentuk koneksi dimana umumnya mengacu ke koneksi untuk end-points. Artinya, dalam jenis ini, entitas yang terhubung hanya ada dua.
2. Berdasarkan Skala
LAN (Local Area Network)
Adalah jenis jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, seperti sebuah gedung. Komputer-komputer yang terhubung disebut workstation dan biasanya dalam jaringan ini media yang digunakan adalah kabel.
MAN (Metropolitan Area Network)
Sebuah MAN Biasanya meliputi area yang lebih luas dari LAN, Misalnya antar wilayah satu propinsi.
WAN (Wide Area Network)
WAN adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut.
Internetwork (Internet)
Adalah jaringan yang meliputi wilayah seluruh dunia. Sekumpulan jaringan yang berbeda yang saling terhubung.
3. Berdasarkan topologi:
Bus
Adalah jaringan yang menggunakan node–node yang dihubungkan secara serial sepanjang kabel, dan pada kedua ujung kabel tersebut ditutup dengan terminator. Terminator sendiri berfungsi untuk menutup jalur utama yang mana nantinya akan menyerap sinyal. Penyerapan sinyal sendiri berfungsi agar jaringan yang menggunakan topologi ini tidak akan kacau karena sinyal yang tidak diserap tidak akan terpantul.

Contoh gambar topologi :

BUS.png
Star
Topologi star adalah topologi jaringan yang menggunakan sebuah switch / hub untuk menghubungkan antar node client. Topologi star merupakan topologi yang sering digunakan untuk instalasi jaringan pada umumnya. Selain mudah dalam instalasi, jaringan yang menggunakan topologi ini akan mudah di maintenance jika akan troubleshooting.

Contoh Topologi :

star.png
Ring
Merupakan topologi yang menghubungkan antar PC dengan PC yang lain tanpa menggunkan HUB / switch. Dalam proses instalasi hanya menggunakan LAN Card yang tersedia dalam PC.

Contoh topologi :

ring
Mesh
Merupakan topologi yang didesain dalam hal pemilihan rute jaringan yang banyak. Dalam topologi mesh terdapat banyak rute yang berfungsi sebagai jalur backup pada saat jalur yang lain sedang dalam keadaan down.

Contoh topologi :

mesh
4. Berdasarkan protokol:
Ethernet
Adalah sistem jaringan yang dibuat dan dipatenkan oleh perusahaan Xerox yang digunakan untuk jaringan wilayah LAN, yang mempunyai standar IEEE 802.3
Local Talk
Adalah sebuah protocol network yang awalnya dikembangkan oleh Apple Computere, Inc untuk mesin-mesin komputer Machintosh. Kekurangan protokol ini adalah kecepatan transmisinya yang hanya 230 kbps.
FDDI
FDDI adalah protokol pasangan teknologi LAN Ethernet IEEE 802.3 yang mendukung data transfer 100 Mbps untuk jarak sampai 100 km. FDDI bukan standar IEEE dan beroperasi di atas kabel Fiber Optic dengan menggunkan arsitektur Ring Counter-routing kembar yang dapat menghubungkan sampai 500 alat per ring.
Token Ring
Token Ring merupakan protokol yang berbasis IEEE 802.3 dan beroperasi pada 4 atau 16 Mbps. Dengan Token Ring, perangkat network secara fisik terhubung dalam konfigurasi ring dimana data dilewatkan dari alat satu ke alat lainnya secara berurutan.
ATM (Asynchronus Transfer Mode)
Merupakan suatu bentuk teknologi packet switching yang menggunakan sel data dengan panjang tetap (53 byte) pada sirkuit virtual.
5. Berdasarkan arsitektur
Peer-to-peer
Sebuah workgroup, dimana setiap komputer dapat berfungsi sebagai client dan server sekaligus.
Client/Server
Adalah jaringan komunikasi data yang terdiri dari banyak client dan satu atau lebih server. Server berfungsi sebagai penyedia layanan, sedangkan client yang meminta layanan kepada server.
Hybrid
Adalah jaringan yang menggabungkan keuntungan jaringan client/server dan peer-to-peer. User dapat mengakses sumber daya yang di-share oleh jaringan peer-to-peer, dan secara bersamaan dapat menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server.

 

OK, sekian kali ini. Jika ada yang kurang dimengerti bisa langsung komen. Maaf maaf kalo adayang salah. Langsung aja bilang, biar langsung diperbaiki. Dan itu sangat-sangat membantu untuk penulis. Terimakasih.

Wassalamualaikum wr wb.

Advertisements

One thought on “Jenis-jenis Jaringan komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s