Sharing Pengalaman Kerja Di Luar Negeri Bersama Mas Aries Sadewa

Sharing Pengalaman Kerja Di Luar Negeri Bersama Mas Aries Sadewa

Hallo, kawan.

Yups, sesuai judul, kali ini penulis ingin menceritakan Kegiatan Sharing Pengalaman Kerja Di Luar Negeri Bersama Mas Aries Sadewa. Yang mana kegiatan itu berlangsung Sekolahku, tepatnya di Gor SMK Sakti Gemolong Pada Hari Sabtu 8 April 2017 kemarin.

Kegiatan yang diadakan sabtu lalu itu, merupakan kegiatan yang berkesan untukku dan teman-temanku. Saat itu, meski cuaca berubah-ubah. Semenit hujan, semenit kemudian mendung, lalu malah tiba-tiba panas.

Hufft. Membingungkan memang. Namun, itu semua tak akan menjadi penghalang kami untuk mengikuti kegiatan yang jelas-jelas tak mungkin diadakan satu tahun sekali itu. Istilah kerennya ‘limited edition’.

Kegiatan sharing pengalaman dimulai sekitar jam setengah sembilan. Dibuka dengan acara santai tapi serius oleh Pak Ernawan , Guru sekaligus seorang yang mengundang secara langsung Mas Aries Sadewa untuk bisa datang dan berbagi pengalaman. Terimakasih Pak.

Setelah pembukaan selesai, langsung masuk acara inti yaitu tentu saja ngobrol tentang pengalaman Mas Aries dari mulai sekolah, peristiwa pasca sekolah, alasan mengapa Mas Aries bisa diterima bekerja di luar negeri, hingga kesan-kesan selama Mas Aries bekerja disana, serta tak lupa tips-tips ala Mas Aries Sadewa.

Sesi inti dimulai oleh sesi Mas Aries -panggilannya- bercerita mengenai bagaimana kehidupannya di sekolah dulu. SMK 2 Muhammadiyah Semarang. Hidupnya yang sangat sederhana dan -maaf tak bermaksud- serba kekurangan, manun itu tak membuat semangatnya untuk terus belajar dan belajar. Membuat penulis amat sangat termotivasi sekali.

Katanya, awal Mas Aries bersekolah, kira-kira tiga bulan pertama, ia memang masih sempat bisa kost. Karena ternyata, tempat tinggal Mas Aries ini di Batang, Jawa Tengah. Tau Batang kan? Iya disana. Bukan sesuatu yang menghubungkan Daun dengan Akar lho ya. Hehe. Lumayan jauh juga dari Semarang ke Batang. Dua jam perjalanan.

Namun, karena belum adanya biaya, Mas Aries Sadewa pun keluar dari sana. Setelah berbincang dan mengajukan diri agar diijinkan tinggal di Lab Sekolah dan diijinkan. Akhirnya selama kurang lebih 3 tahun kurang sedikit, Mas Aries tinggal di Lab Komputer sekolah. Istilahnya, dia menjadi ‘juru kunci lab’.

Ia juga menceritakan sekilas kehidupannya selama tinggal di Lab Sekolah. Tentang kesehariannya yang pernah makan mie instan terus menerus dan tentang pulang kampungnya yang hanya bisa dilakukan sebulan sekali karena tidak ada uang.

Sharing dilanjutkan dengan cerita bagaimana ia setelah lulus sekolah. Betewe, kalian tahu? Dia peringkat pertama di sekolah loh. Sangat membanggakan, bukan?

Saat sesi ini, Mas Aries Sadewa bercerita tentang masuknya ia ke IDN. Tahu IDN kan? Itu loh ID-Networkers yang terkenal itu. Yang banyak melahirkan Network Engineer yang jago IT dan pinter ngaji. Wkwk. Jargonnya keren banget itu.

Kala itu, ia bercerita tentang kegiatannya selama di IDN. Belajar dari subuh sampai tengah malam. Bukan hanya belajar loh. Tapi juga diajari agama. Ngaji. Hebat gak tuh?

Kerja di luar negeri nya Mas Aries Sadewa juga bisa dikatakan karena ikut Pesantren ID-Networkers loh. Saat itu, Trainer IDN yang bernama Pak Rofiq Fauzi, mendapat email dari CEO Perusahan ISP yang berada di Monrovia, Liberia.

Awalnya, Mas Aries cuma coba-coba kirim CV (Curiculum Vitae) karena sebenarnya Mas Aries ini sudah daftar kuliah. Dan tentunya malah disuruh interview sama Pak CEO lewat Skype. Dan tentu saja diterima karena skill Mas Aries Sadewa ini emang bener-bener bagus.

Setelah itu, Mas Aries Sadewa bercerita mengenai kehidupan di Liberia sana. Bagaimana cuaca disana yang katanya sangat panas. Bagaimana kegiatannya saat libur. Bagaimana keadaanya ketika sakit. Dan bagaimana mahalnya biaya hidup disana.

Saat menjelang penutupan, tak lupa Mas Aries menyediakan sesi tanya-jawab. Penulis dan teman-teman yang mempunyai sifat kepo sangat atusias dalam menyambut sesi ini. Banyak yang bertanya ini itu. Ketika salah satu teman penulis bertanya : “Ma Aries, apa sih tips agar bisa menjadi Network Engineer yang sukses?” jawaban Mas Aries ialah :

  1. Harus tahu dasar jaringan
  2. Harus tahu subnetting
  3. Harus Tahu Command-command dasar
  4. Punya muka gedek alias gak malu. Permisalanya itu ketika semua teman gak ada yang mau diajak belajar, ya sudah. Belajar sendiri. Di lab sendiri.

Semua pengalamannya sangat bermanfaat bagi penulis dan teman-teman semua. Setidaknya, mas Aris sudah memberikan kami sedikit gambaran bagaimana perjuangan hidup yang sesungguhnya. Bagaimana kerasnya dan susahnya perjuangan untuk meraih apa yang dicita-citakan dan apa yang di impikan.

Sangat sulit dan penuh tantangan memang. Dan semua harus kita coba dan taklukkan. Kita gak akan tahu kalau tidak mencoba bukan?

Ucapan terimakasih dari penulis dan teman-teman ucapkan kepada Mas Aries Sadewa karena telah mau datang dan berbagi ilmu yang sangat bermanfaat bagi kami. Kalo mau datang lagi sangat dipersilakan. Hehe. Tak lupa, Pak Ernawan. Guru sekaligus Pendidik kami yang gak pernah capek untuk nasehati dan memotivasi kami dan sekaligus seorang yang mau capek-capek mengundang Mas Aries dan orang-orang hebat lainnya untuk datang memberi motivasi kami semua. Terimakasih.

DOKUMENTASI FOTO-FOTO

 

IMG-20170413-WA0013
Sesi Mas Aries Sadewa Saat masa Sekolahnya.

IMG-20170413-WA0025

IMG-20170413-WA0017.jpg

IMG-20170413-WA0025.jpg

IMG-20170413-WA0003
Pak Ernawan lagi berbicara saat Penulis mau tanya

IMG-20170413-WA0006

IMG-20170413-WA0005.jpg
Saat sesi Tanya-Jawab. Penulis lagi tanya-tanya apa?

IMG-20170413-WA0007.jpg

IMG-20170413-WA0004.jpg
Penulisnya juga numpang eksis. Penulis : “Yoben sak karepku:D”
IMG-20170408-WA0002.jpg
Ga cocok kan? Yoben 😀 Jangan Ngiri. wkwkw

Sekian cuap-cuap dari penulis. Maaf-maaf kalo ada banyak typo. Tolong dikoreksi.

Wassalamualaikum. 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Sharing Pengalaman Kerja Di Luar Negeri Bersama Mas Aries Sadewa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s