Cara Mudah dan Cepat Subnetting Kelas C Ala Admin MissKecupbung

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada malam hari yang gelap ini, admin ingin sedikit berbagi tentang Cara Mudah dan Cepat Subnetting Kelas C Ala Admin MissKecupbung . Semoga bermanfaat.

Langsung aja, disini admin punya tiga IP kelas C, yaitu :
a. 192.168.23.253/29
b. 192.168.13.113/30
c. 192.168.20.240/28

Disini, kita akan menentukan :
a. IP MAX
b. Jumlah Host per subnet
c. IP Netmask
d. IP Network
e. IP Broadcast
f. Host Awal
g. Host Akhir

Ga sabar? Ok OK, Sekarang mari Kita mulai.

A. 192.168.23.253/29

a. IP MAX
Untuk menetukan IP MAX, Kita fokus lihat prefix di soal. Jangan ke IP nya dulu. Ingat, ke prefixnya DULU. Menurut soal point A, prefix nya /29 yaitu 8 IP.
Cara yang dibuat admin :
Sewaktu admin belajar subnetting. Ada tiga prefix yang jadi acuan. (Ga copas kok. Bener. Udah ada sejak jaman dulu kala). Yaitu :
/24 : 256 (Mutlak. Kalo lupa istilah jawanya ‘bangeten’)
/26 : 64 ( Cuma Inget angka 6 nya sih. Kan deket tuh, Jadi, kalo ditanya /26 yaudah lanjutin jadi 2 → 64 . Bingung? Tanyain di kolom komentar.).
/29 : 8 (Hasil nalar admin. Kan itu ada angka 9, yaudah dikurangin 1 jadi 8. Kenapa satu? Ya biar pas. wkwkw, gajelas admin)

Note :
Ini hasil penalaran dari admin sewaktu belajar subnetting. Secara, kan admin ini agak-agak ya,, sedikit kurang, belum dapat bisa dengan cepat menghapal angka. #lebay. Jadi, kalo ada yang bingung, langsung tanya. Jangan main protes, ini kan cara cepat menurut admin. Jadi gak salah dong. wkwkw

Terus, kalo prefix lain gimana ?
Konsepnya lagi :
kalo prefix ditambah 1 jadi bagi dua ( + temennya : )
kalo dikurangin 1 dikali dua ( – temennya x )
Jadi, kalo ditanya /27 = 32 (Hasil 64 : 2 = 32)

Jawaban point a. : 8 IP

 
b. Jumlah Host per subnet
Kalo ini, tinggal → MAX IP – 2 = 6
Kenapa dua? Karena satu IP udah digunain untuk IP Network, dan satunya lagi untuk IP Broadcast.

c. Netmask
Kalo ini, biasanya admin langsung. Kan udah ketemu IP MAX = 8.
Jadi 256-8 = 248
Jadinya lagi, jawabannya = 255.255.255.248

d. IP Network
Pertama, lihat angka/IP di oktet terakhir = 253.
Kedua, bagilah angka tersebut dengan MAX IP → 253 : 8 = 31 (Sebenernya 31.625, tapi dibulatin kebawah. Kenapa kebawah?. Kalo keatas emang bisa? Bisa sih, tapi pasti gak ketemu. Ga percaya? Coba aja. wkwkw)
Ketiga, kita kalikan 31 dengan 8 → 31 x 8 = 248
Nah, ketemu, jadi jawabannya = 192.168.23.248

e. IP Broadcast
Langsung aja, kita tambahkan angka IP di oktet terakhir dengan 7 (Ini hasil IP MAX – 1 = 7 Kenapa 7? Gak 8? karena kan IP Address dihitung dari 0 ).
Jadi = 192.168.23.(248+7) → 192.168.23.255

 
f. Host Awal
Langsung aja, angka di IP oktet terakhir ditambahkan 1
Jadi = 192.168.23.(248+1) → 192.168.23.249

g. Host Akhir
Langsung juga ya? IP Broadcast – 1 di IP oktet terakhir
Jadi, 192.168.23.(255-1) → 192.168.23.254
Selesai point no A . Yeeayy.

Masih dua soal, yaitu :
b. 192.168.13.113/30
c. 192.168.20.240/28

Ada yang berani jawab? Hitung-hitung latihan sih. Bisa jawab di kolom komentar, bisa kirim lewat surel, bisa kirim ke temen, mbak, mas, ato yang lain yang minimal tau tentang subnetting. Ga harus ke admin. Karena yang terpenting kawan-kawan semua tau dan paham. (Hitung-hitung kan minimal, cara yang admin gunakan bisa digunain orang lain dan bermanfaat. Amin)

Sekian dari admin.
Wassalamualaikum. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s