Mengakses Routerboard Mikrotik

Mengakses Routerboard Mikrotik

Pada sub-bab yang ini, penulis akan share tentang cara mengakses ke Routerboard Mikrotik. Fungsinya akses apa sih ? Fungsinya itu untuk meremote, memantau, dan me maintenance mikrotik. Gampangnya, kita biar bisa ngoprek itu mikrotik. Akses ke Mikrotik itu menjadi hal yag paling mendasar kita dalam menggunakan Routerboard Mikrotik. Jadi, kalo kita gak tau cara mengaksesnya, dimana kita bisa konfigurasinya? Kan lucu. Hehe.

Dalam Mikrotik Routerboard maupun OS yang baru, ataupun yang mikrotik yang sudah di reset, memiliki default konfigurasi IP pada Ether1 yaitu: 192.168.88.1/24, dengan Username: admin, dan Password: (kosong). Banyak cara yang bisa kita gunain untuk mengakses router Mikrotik. Apa aja itu? Simak baik-baik ya.

  • Winbox

Winbox merupakan sebuah software kecil, ringan nan sederhana untuk mengakses Router mikrotik. Winbox ini bisa dikatakan software yang paling populer diantara yang lain. Selain sederhana, cara penggunaan winbox ini sangat mudah dan tampilannya yang menarik karena berbasis GUI (Graphic User Interface).

Untuk lab-lab selanjutnya pun sebagian besar (atau malah semuanya) penulis akan menggunakan winbox -khusunya NEW TERMINAL- dalam mengkonfigurasi Lab-lab Mikrotik. Kawan-kawan semua ingin menggunakan yang mana terserah kok. Tergantung kawan-kawan semua.

Tampilan awal Winbox.

1.png

Kita bisa mengakses router hanya dengan meng-klik MAC Address atau dengan IP address nya. Namun sebaiknya kita menggunakan MAC Address aja, sehingga kalo kita mengubah IP dari Interface RouterBoard maka router tidak akan ter-Disconnect. Lalu klik Connect.

2.png

  • Webfig

Cara yang kedua untuk mengakses Mikrotik adalah dengan memakai web browser. (Apa aja terserah, yang penting bisa digunakan). Tampilan Mikrotik ini yang menggunakan Webfig dengan yang ada di Winbox sebenarnya sama, yaitu berbasis GUI. Perbedaannya hanya kalo dengan Webfig kita menggunakan web browser. Ini diperuntukkan bagi siapa saja yang belum mempunyai software Winbox untuk mengakses Mikrotik.

Cara ini terbilang yang paling sederhana ketimbang cara-cara yang lain, hanya dengan mengetikkan ip address router kita di kolom URL yang tersedia.

Tampilan Login Webfig

3.png

Tampilan Interface Webfig

4,png.png

 

  • Telnet

Cara yang selanjutnya adalah dengan memakai Telnet. Telnet merupakan singkatan dari Telecomunication Network yang berbasis text dan berjalan di port 23. Untuk meremote Router Mikrotik melalui Telnet dalam jaringan sebenarnya tidak dianjurkan karena masalah keamanannya. Di TERMINAL Kita hanya mengetikkan perintah :

telnet <ip adderess router> [enter]

5.png

Tampilan Mikrotik melalui Telnet

6.png

 

  • SSH

Cara yang keempat adalah dengan menggunakan SSH. SSH atau Secure Shell merupakan cara untuk mengakses Mikrotik yang sebenarnya hampir sama dengan menggunakan Telnet. Bedanya hanya terletak di enkripsinya saja. SSH lebih aman atau secure ketimbang Telnet.

Cara untuk menggunakan SSH untuk meremote router Mikrotik adalah Di Terminal dengan mengetik command :

SSH admin@[IP_Router]

8.png

Tampilan Miktotik melalui SSH.

7

Sekian. Tunggu postingan selanjutnya, ya.

Wassalamualaikum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.