Soft dan Hard Reset Mikrotik

Soft dan Hard Reset Mikrotik

Sebelum kita bahas cara resetnya. Apa sih sebenernya fungsi reset? Ada yang belum tau? Pada saat kita lupa username atau password mikrotik kita, pada saat itulah reset ini akan sangat membantu kawan-kawan semua. Apalagi kalo kita butuhin router kita untuk keperluan penting. Fungsi reset nantinya akan menghapus semua konfigurasi yang sudah kita buat sebelumnya. Alias semuanya nanti akan kembali ke konfigurasi buatan pabrik mikrotiknya di Latvia. Nah setelah tau apa fungsinya, sekarang kita mulai.

Cara me-reset mikrotik itu ada dua macam ya, yang pertama pakai soft reset dan yang kedua pakai hard reset. Cara soft reset maupun hard reset itu meski mempunyai perbedaan dalam arti kelebihan dan kekurangannya, tapi tetep aja intinya sama kok.

Ingin tau caranya? Simak baik-baik ya. Semoga bermanfaat.

  • Soft Reset

Cara pertama yaitu pakai soft reset. Hal yang harus dilakukan sebelum memulai adalah kita harus masuk software untuk mengakses mikrotik. Di winbox, buka NEW TERMINAL. Ketik command :

22

Keterangan options :

23.png

 

  • Hard Reset Mikrotik

Ok, selanjutnya untuk cara yang kedua ya, yaitu pakai cara hard reset routerboard mikrotik. Apa bedanya dengan cara yang soft reset? Sebenarnya, kedua cara tersebut, baik yang soft reset maupun yang hard reset adalah sama. Sama-sama bertujuan untuk menghapus semua konfigurasi routerboard mikrotik yang sudah kita buat sebelumnya. Hanya saja, kalo pake hard reset itu lebih mudah, kita hanya butuh routerboard, listrik dan jarum atau sejenisnya. Selain itu, kalo pake soft reset, kita harus login dulu di mikrotiknya, sedangkan hard reser tidak. Kalo seumpama kita udah bener-bener lupa username sama passwordnya, nah, gunakan saja hard reset ini.

Ok, langsung aja.

Hal yang perlu diketahui dan harus dilakukan untuk mereset dengan hard reset adalah, pastikan routerboard ter-aliri atau tersambung dengan listrik saat kita sudah menancapkan jarum tadi ke lubang yang sudah tersedia. Ini berfungsi agar proses reset dapat berjalan. Ini seperti halnya pada soft reset yang mengharuskan kita untuk login.

24.jpg

Kita tunggu sampai lampu ACT nya berhenti berkedip. Selesai. Cabut kabel, lalu cabut jarum

Urutan :

Tancapkan Jarum → Tancapkan Kabel Power → Cabut Kabel Power → Cabut Jarum

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s