Assalamualaikum.

Microsoft Azure adalah sebuah produk Cloud Computing Service yang dibuat oleh Microsoft yang ditujukan untuk membantu kita untuk build, testing, deploy, dan implementasi aplikasi/service.

Microsoft Azure dapat menciptakan sebuah environment/system khusus untuk aplikasi yang kita buat sendiri. Dengan lengkapnya feature yang di tawarkan dari Microsoft Azure, maka aplikasi/service kita akan dapat berjalan dengan mudah. Kita bisa menciptakan environment sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh aplikasi/service kita, mulai dari sisi Server yang digunakan, Private Network, hingga Load Balancer tersedia di Microsoft Azure.

Kalian tahu? Microsoft Azure memberikan Free Trial Azure account bagi kalian yang ingin mencoba menggunakan layanan-layanan cloud pada Microsoft Azure. Dengan mendaftar Azure free account kita akan mendapatkan credits Azure sebesar 200 dollar yang berlaku selama 30 hari untuk mencoba seluruh layanan Microsoft Azure.

Selain itu kita juga bisa menggunakan beberapa layanan populer dari Azure secara gratis selama 12 bulan dan juga lebih dari 25 layanan yang always free. Namun sebenarnya tidak full 12 Bulan, tetapi Microsoft Azure memberikan Credit/Deposit ke account kita sebesar 2,7juta – 3.1juta rupiah. Nantinya deposit tersebut bisa kita gunakan untuk berlangganan service-service yang ada di dalam Azure. Untuk mengaktifkan akun tersebut, kita perlu kartu kredit untuk verifikasi. Ataupun kartu debit yang memiliki CVV, seperti contohnya Jenius BTPN, DBS Digibank, BNI VCN, dsb). Untuk percobaan disini saya mengggunakan Jenius BTPN.

Pertama, pastikan kalian sudah mendaftar akun jenius dan mengaktivasinya. Bisa merujuk link berikut : https://www.jenius.com/getjenius.

Pastikan pula sudah Top Up senilai USD 1 atau setara IDR 14.300 ke kartu Jenius nya. Hal ini diperlukan karena nanti ketika mendaftar account Microsoft Azure, kita akan di minta Deposit sebesar USD 1 dan nantinya akan dikembalikan setelah 3x24jam. Untuk Top Up bisa merujuk link disini.

Selanjutnya, pastikan juga kalian sudah memilki Email Account Microsoft (Hotmail, live, dsb). Jika belum punya, anda bisa mendaftarnya melalui link berikut https://signup.live.com

Untuk pendaftaran Microsoft Azure klik link https://azure.microsoft.com/id-id/free/. Pilih Mulai dengan Gratis.

Screenshot from 2019-10-19 06-15-53

Selanjutnya, login atau buat akun baru Microsoft.

Screenshot from 2019-10-19 06-17-50

Isikan informasi mengenai Negara, Nama, Email, dan nomor telepon :

Screenshot from 2019-10-19 06-22-49

Isikan nomor telepon dan isi verifikasi kode yang dikirim ke nomor telepon.

Screenshot from 2019-10-19 06-25-24

Selanjutnya, isi CC. Untuk jenius BTPN isikan :

  • Cardholder Name: Nama anda yang tertera di Kartu Jenius.
  • Card Number: Nomor kartu yang tertera di Kartu Jenius.(16Digit)
  • Expires: Tanggal Expire dari kartu anda yang tertera di Kartu Jenius. (ValidThru XX/XX)
  • CVV: 3 digit nomor yang tertera di belakang Kartu Jenius. (3DIgit)
  • Address, City, State, Postal Code, Country: Di isi sesuai dengan identitas.

Screenshot from 2019-10-19 06-26-59

Selanjutnya centang2 agreement. Lalu tunggu beberapa saat. Secara otomatis Microsoft akan menarik deposit sebesar USD 1 dari Jenius BTPN kita.

Screenshot from 2019-10-19 05-59-30

Tampilan dashboard portal Microsoft Azure :

Screenshot from 2019-10-19 06-00-54

 

 

 

Sekian.