Selamat sore!!

Pada jurnal ini saya ingin sharing sedikit mengenai bagaimana membuat Billing Alert di Google Cloud Platform. Alert ini berfungsi sebagai warning, ketika billing kita mencapai sekian persen, maka kita akan mendapatkan notifikasi. Bisa melalui pub/sub, atau sederhana menggunakan email seperti yang akan dicoba di sini. Jadi penggunaan cost bisa dimanajemen dengan baik.

Langsung saja ya!

Pertama, melalui console, masuk ke menu Billing.

Setelah masuk, pilih menu Budgets & Alerts. Secara default, saat pertama kali menggunakan GCP, budget dalam keadaan kosong. Kita akan coba buat, klik Create Budget.

Pada tampilan (1) Scope, isikan nama budget, pilih project dan services, disini saya pilih all project dan all services. Lalu klik Next.

Pada tampilan (2) Amount, pilih type budget. Saat pembuatan jurnal ini, ada dua tipe. Bedanya, jika spesific amount maka kita tentukan berapa budgetnya. Jika last month spend, maka akan dilihat penggunaan akhir bulan. Saya pilih Spesific Amount. Lalu klik Next.

Pada tampilan (3) Action, kita tentukan percent of budget. Maksudnya adalah, misal disini saya set 90%, 100%, dan 50%, maka saat budget mencapai persen tersebut, maka saya akan mendapatkan notifikasi.

Di Google Cloud Platform, ada tiga pilihan notifikasi, melalui email, link monitoring dan connect to pub/sub. Disini saya set alert by email.

Lalu klik Finish. Hasilnya:

Sumber: https://cloud.google.com/billing/docs/how-to/budgets

Sekian!