Hi

Pada jurnal ini saya ingin sharing mengenai layanan VPC (Virtual Private Cloud) di AWS.

Network/jaringan menghubungkan komputer bersama-sama dan memungkinkan untuk berbagi data dan aplikasi, di seluruh dunia, dengan cara yang aman menggunakan router virtual, firewall, dan layanan manajemen jaringan lainnya.

VPC adalah layanan yang memungkinkan kita membuat jaringan private yang aman di AWS. Layanan VPC bersifat private karena terisolasi sehingga aman. VPC menjangkau Availability Zone di suatu wilayah. Dengan VPC, kita bisa mengatur rentang alamat IP, subnet, security group, dan kita bisa mengatur tabel routing. Perhatikan diagram berikut:

Subnet pada dasarnya memungkinkan kita untuk membagi jaringan di dalam VPC. Dan di situlah kita bisa melakukan deployment sumber daya, seperti EC2. Ada dua tipe subnet, yaitu private dan public. Subnet private tidak dapat diakses dari internet dan biasanya menjadi tempat sumber daya private seperti database. Sedangkan untuk public subnet adalah kebalikannya.

Disana ada NACL (Network Access Control List) yang mana bertugas untuk memastikan lalu lintas keluar masuk jaringan. Ia akan memblokir layanan yang dilarang, dan melewatkan layanan yang diizinkan.

Di dalam diagram ada juga router dan tabel rute. Mereka menentukan di mana lalu lintas jaringan diarahkan. Kemudian ada internet gateway internet sebagai gerbang yang memungkinkan lalu lintas publik ke internet dari VPC. VPC peering memungkinkan kita untuk menghubungkan 2 VPC secara bersamaan. Selengkapnya baca disini.

Mari kita coba labkan bagaimana membuat VPC secara sederhana melalui AWS Console.

Pertama buka AWS Console, pada search box ketikkan vpc lalu klik hasil yang paling atas.

Berikut tampilan dashboard dari VPC. Untuk membuat VPC secara cepat dan mudah bisa langsung klik Launch VPC Wizard.

Pada langkah pertama terlihat bahwa VPC yang akan kita buat di dalam public subnet. Lalu klik Select.

Pada langkah kedua, isikan CIDR blok untuk VPC kita. Misal 10.0.0.0/16. Isikan nama, misal vpc0. AZ misal us-east-1b, dan isikan nama subnet misal subnet0. Lalu klik Create VPC.

Pastikan VPC berhasil dibuat.

Dan saat kita kembali ke VPC dashboard, akan muncul vpc yang dibuat sebelumnya.

VPC siap digunakan!

Sekian!