Hi!

Di beberapa jurnal sebelumnya, saya telah membahas tentang AWS S3 (Simple Storage Service) beserta fitur-fiturnya seperti lifecycle management, encryption, versioning, dan static web hosting. Di jurnal ini, saya akan membahas fitur AWS S3 yang lain yaitu Replication dimana data/objek yang kita simpan di bucket dapat direplika dan disimpan di bucket yang lain secara otomatis.

Berdasarkan dokumentasinya di link ini, replikasi memungkinkan bucket yang berisi data akan disalin di lebih dari satu tempat secara otomatis. Bucket yang direplika dapat ditempatkan di single-destination (target/bucket replika berjumlah satu) ataupun multi-destination (target/bucket replika berjumlah lebih dari satu) dan untuk multi-destination ini bisa dikonfigurasi juga apakah lokasi regionnya ingin diatur sama dengan bucket pertama atau tidak.

Nah, pada jurnal ini saya ingin sharing tentang cross-region replication dimana region bucket dari sumber akan dibedakan dengan region di bucket tujuan.

Mari kita coba.

Pertama, buka AWS Management Console.

Klik kolom search dan ketik s3. Lalu pilih hasil paling atas.

Disini saya telah membuat satu bucket yang lokasinya berada di region US East seperti pada tangkapan layar berikut.

Saya akan coba membuat bucket baru dengan region yang berbeda dari bucket pertama. Misal saya pilih region US West. Dan di bawah opsi region, pada pengaturan Copy settings from existing bucket klik Choose bucket.

Pilih bucket pertama yang telah dibuat sebelumnya.

Hasilnya saat dipilih akan seperti berikut ini. Mengapa saya menyalin konfigurasi dari bucket pertama? memastikan agar konfigurasinya sama.

Gulir ke bawah dan klik Create bucket.

Pastikan bucket berhasil dibuat dan hasilnya seperti berikut ini. Terlihat ada dua bucket yang berada di dua region yang berbeda.

Klik bucket pertama yang ada di US East, lalu masuk ke tab Management. Konfigurasi replika berada di bagian Replication rules dan terlihat kosong karena kita belum membuat rule sama sekali. Untuk membuatnya, klik Create replication rule.

Akan ada pesan warning dimana kita perlu mengaktifkan vitur versioning ketikan ingin mengkonfigurasi fitur replication. Bisa diaktifkan terlebih dahulu ya.

Beri nama untuk rule nya, misal CrossRegion dan atur statusnya menjadi Enabled.

Gulir ke bawa dan untuk source bucket, bisa dipilih scope nya. Disini saya pilih This rule applies to all objects in the bucket, yang artinya semua objek yang berada di bucket akan di replika.

Pada bagain Destination, klik Browse S3 untuk memilih tujuan.

Untuk bucket tujuan, pilih bucket kedua ya, bucket yang berada di US West.

Aktifkan fitur versioning pada bucket tujuan juga ya, saat muncul warning bisa langsung klik Enable.

Gulir ke bawah dan pada bagian IAM Role, pilih Create new role.

Untuk fitur yang lain biarkan default, lalu klik Save.

Tunggu beberapa saat sampai konfigurasi replication berhasil.

Saat sudah OK, ketika kita menyimpan data di bucket pertama (US East), maka data akan otomatis direplika dan disimpan di bucket kedua (US West).

Sekian!