Hi!

Selamat sore. Dalam jurnal ini saya ingin membahas tentang AWS EFS untuk pemula. AWS EFS atau Elastic File System adalah layanan file system berbasis network yang ditawarkan oleh AWS dengan berbagai kelebihan seperti simple, serverless, set-and-forget (mudah untuk mount dan umount), tanpa mendistrupsi aplikasi yang ada. Jika dalam lingkup on-premise, AWS EFS mirip dengan NFS (Network File System) dimana AWS EFS pun support dengan protokol NFS versi 4 (NFSv4.1 and NFSv4.0). Dalam AWS EFS, disediakan pula akses web yang bisa kita gunakan untuk membuat dan mengkonfigurasi file system kita.

Dalam jurnal ini saya ingin memberikan gambaran bagaimana membuat file system menggunakan AWS EFS (Elastic File System) secara cepat dan mudah, serta mengujinya dengan melakukan mounting EFS ke AWS EC2 instance, sehingga penyimpanan EFS bisa digunakan untuk menyimpan data.

Mari kita mulai.

Pertama, buka AWS Management Console. Klik https://console.aws.amazon.com/ .

Sebelum masuk ke AWS EFS, pertama yang harus diperhatikan adalah security group. Security group digunakan sebagai firewall agar resources di AWS yang telah kita buat dapat diakses. Untuk konfigurasinya, masuk ke Networking & Content Delivery dan klik VPC.

Disini saya telah membuat dua security group baru. Pertama, efs-sg dimana khusus untuk layanan AWS EFS. Saya tambahkan rule tipe NFS dengan protokol TCP dan port 2049 di inbound rule.

Security group kedua yaitu ec2-sg dengan dua rule yaitu ICMP agar instance bisa diping dan SSH agar instance bisa diakses.

Selanjutnya masuk ke dashboard EC2 untuk manajemen instance. Klik menu Services > Compute > EC2.

Disini saya telah membuat instance baru dengan tipe t2.micro dan berada di AZ us-east-1b, dan saya sudah mengkonfigurasi security groupnya menggunakana ec2-sg. Jadi, saat ini instance sudah dapat diakses dan diping.

Lalu mari kita mulai ke EFS.

Klik menu Services di samping logo dan, pada bagian Storage pilih EFS.

Berikut tampilan dashboard dari AWS EFS. Untuk membuat file system baru, klik Create file system.

Dalam jurnal ini saya menggunakan mode ‘cepat’ untuk pembuatan file system dalam AWS EFS. Saya isikan nama yaitu dev, pilih VPC, dan saya set One Zone dengan AZ di us-east-1b, lalu bisa di klik Create.

Catatan: untuk konfigurasi lebih yang lebih luas bisa dengan klik Customize, dan itu akan dibahas di jurnal lain.

Dan pastikan bahwa file system nya berhasil dibuat.

Bisa klik nama atau ID untuk melihat detail.

Gulir ke bawah dan klik tab Network. Ubah security group agar menggunakan sg yang telah dibuat sebelumnya yaitu efs-sg.

Untuk mengubahnya bisa klik Manage. Dan klik Save jika telah sesuai.

Kembali ke tampilan detail dari file system dan kita bisa klik Attach untuk melihat metode apa yang bisa digunakan ketika ingin melakukan mounting.

Pertama bisa via DNS

Dan kedua bisa via IP. Disini saya coba via IP ya.

Untuk pengujian, akses instance terlebih dahulu. Bisa verifikasi partisi di instance dan pastikan file system belum dimount dengan perintah df -hT

Terlihat pada tangkapan layar di bawah ini, saya membuat folder /data dan saya lakukan mounting efs ke folder tersebut. Lalu memverifikasinya dengan perintah df -hT lagi.

Pada saat ini, file system sudah bisa digunakan untuk mengisi data.

Saat instance melakukan reboot dan agar kita tidak perlu melakukan mounting ulang, bisa kita atur di /etc/fstab seperti di bawah ini.

Sekian!