Hi!

Pada jurnal ini saya ingin membahas tentang layanan EBS pada AWS. EBS atau Elastic Block Storage adalah layanan storage pada AWS yang berada di level block, bersifat seperti raw dan unformated-devices. Kita bisa membuat volume pada EBS, attach ke EC2 instance, partisi dan format, lalu mount ke folder agar bisa digunakan untuk menyimpan data, misal mount ke /data.

Volume EBS bersifat long-term, yang artinya data yang berada pada EBS tidak akan terhapus selama volume masih ada. Kita bisa lepas/dettach volume dari satu EC2 instance lalu attach volume tersebut ke EC2 yang lainnya.

Untuk lebih detail tentang fitur-fitur EBS akan dijelaskan di jurnal terpisah ya! disini kita akan coba handson EBS secara sederhana. Mari kita coba.

Ada beberapa cara yang bisa kita tempuh untuk membuat volume EBS. Yang pertama saat membuat instance, khususnya saat muncul tampilan seperti berikut ini.

Kita bisa menambahkan volume EBS dengan klik Add New Volume. Set ke device apa, misal /dev/vdb, tentukan ukuran, tipe, dan bisa langsung Next. Volume EBS akan terbuat bersamaan EC2 instance dan volume tersebut akan langsung ter-attach ke instance.

Bisa kita verifikasi volume EBS nya pada detail instance, tab Storage seperti berikut ini.

Selain menggunakan cara di atas, kita bisa membuat volume EBS melalui menu Elastic Block Storage. Klik bagian Volumes dan untuk membuat volume baru bisa klik Create Volume.

Kita tentukan tipe, ukuran, AZ (sesuaikan dengan lokasi AZ dari EC2 instance), bisa tambahkan key, tag, dan jika sudah OK bisa klik Create Volume.

Saat berhasil dibuat, akan muncul notifikasi seperti berikut.

Dan jika dilihat di dashboard EBS, akan muncul volume baru dengan status available yang artinya volume belum diattach ke instance manapun.

Untuk attach volume ke instance, pilih volume, klik Action > Attach Volume

Pilih instance dan device yang menjadi target volume, misal /dev/vdc lalu klik Attach.

Bisa diverifikasi di dashboard. Terlihat tatusnya berubah menjadi in-use.

Kita bisa verifikasi dari dalam instance pula. Bisa menggunakan perintah lsblk dan terlihat pada gambar di bawah ini, terdapat disk baru dengan nama xvdb (volume EBS pertama yang dibuat bersamaan dibuatnya instance), dan xvdc (volume EBS kedua yang dibuat dari dashboard EBS).

Sebelum menggunakan volume, bisa lakukan partisi misal dengan perintah fdisk.

Dan lakukan format partisi, misal di bawah ini partisi diformat menggunakan file system xfs dan dimount ke folder /data

lsblk
mkfs.xfs /dev/xvdc1
mkdir /data
mount /dev/xvdc1 /data/
lsblk
df -hT

Sampai langkah ini, volume siap digunakan. Kita bisa menyimpan data di folder /data/ dan data tersebut akan masuk ke volume EBS.

Untuk melepas/dettach volume dari instance, pastikan disk tidak termounting terlebih dahulu. Gunakan perintah umount /folder untuk unmounting.

Lalu kembali ke dashboard EBS, klik volume yang ingin dilepas, Action > Dettach Volume

Aka ada pop-up untuk konfirmasi dan bisa kita klik Yes, Detach.

Status dari volume akan berubah kembali menjadi available.

Untuk menghapus volume, bisa pilih volume, Action > Delete Volume

Dan akan muncul pop-up konformasi, dan klik Yes, Delete

Maka volume akan terhapus dan hilang dari dashboard EBS.

Note: Hati-hati ketika ingin menghapus volume, karena data di dalam volume akan ikut terhapus.

Referensi: https://docs.aws.amazon.com/AWSEC2/latest/UserGuide/AmazonEBS.html

Sekian!