Halo semua!

Apa kabar? semoga baik-baik saja ya semua ^^ sudah lama rasanya saya tidak menulis dan akan dicoba rutinkan kembali. Semoga terlaksana ya dan tidak hanya wacana ya šŸ˜€

Pada tulisan ini saya ingin menjelaskan bagaimana mendaftarkan domain baru melalui layanan di AWS, yaitu Amazon Route 53. Apa keuntungannya? Sifatnya yang centralized, dimana hanya melalui satu platform saja kita bisa dengan mudah membeli dan dan nantinya dapat langsung kita atur record domainnya disana, seperti menambahkan, menghapus, dan mengedit record serta dapat mengatur NS nya sekaligus. Selain itu, akan terasa well-integrated dan well-syncronized jika resources kita semua berada di environment AWS.

Jika teman-teman sudah memiliki domain existing di registrar lain, bisa melakukan transfer domain untuk tetap dapat memanfaatkan layanan Amazon Route 53. Panduan bagaimana melakukan transfer domain bisa klik disini karena tidak akan dibahas di tulisan ini.

Apa yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pendaftaran domain baru di Amazon Route 53?

  • Pertama, apakah TLDs dari domain yang diinginkan didukung oleh layanan Amazon Route 53? bisa cek disini karena bisa jadi TLDs yang teman-teman inginkan belum didukung.
  • Kedua, terkait biaya. Perlu teman-teman ketahui bahwa biaya tiap TLDs yang ditawarkan oleh Amazon Route 53 berbeda-beda. Selain itupun teman-teman tidak dapat menggunakan AWS Credits untuk membeli domain baru di Amazon Route 53 ya. Bisa klik disini untuk mengetahui biaya lebih lanjut.
  • Ketiga, bahwasanya ketika domain yang sudah dibeli tidak dapat diubah, jadi perlu dipersiapkan dengan matang nama domain yang teman-teman inginkan sebelumnya ya.
  • Jika saat pendaftaran domain baru teman-teman mengalami isu bisa langsung kontak AWS Support disini ya. Berdasarkan pengalaman pribadi, AWS Support sangat membantu dan cepat menangani isu yang saya alami:)

Mari kita mulai.

Pertama, buka AWS Management Console masing-masing atau bisa klik https://console.aws.amazon.com.

Pada kolom search, bisa klik route 53 ya

Saat sudah masuk ke dashboard Route 53, klik Register domain untuk mendaftarkan domain baru.

Disini saya akan coba menggunakan domain baru dengan nama dwiananda.click. Pastikan domain dalam keadaan Available ya! Pilih domain dan klik Add to cart

Gulir ke bawah dan isikan kontak sesuai dengan data teman masing-masing ya!

Gulir ke bawah dan bisa dipilih apakah domain ini akan otomatis di renew atau tidak. Ceklis Terms and Conditions lalu klik Complete Order.

Pada saat pertama kali order, saya sempat mengalami isu seperti tangkapan layar di bawah ini. Teman-teman tidak perlu khawatir. Bisa langsung kontak AWS Support dan nanti akan bisa resolv ya:)

Setelah resolv, saya coba order kembali dan akan muncul pop-up yang menginformasikan bahwa AWS Credits tidak bisa digunakan untuk melakukan pendaftaran domain baru. Seperti yang telah saya sebut sebelumnya. Jadi pastikan saldo teman-teman cukup dan klik Complete Order.

Akan muncul pop up Order Submitted Successfully dan bisa Close.

Kita akan mendapatkan email untuk melakukan verifikasi seperti di bawah ini. Bisa langsung klik link yang disertakan di email ya.

Selanjutnya email baru akan muncul yang menandakan bahwa domain berhasil di daftarkan.

Untuk melakukan verifikasi bisa klik di dashboard Amazon Route 53 > Registered Domains. Jika domain teman-teman berhasil didaftarkan, akan muncul nama domainnya disana.

Selain itu dari dashboard Amazon Route 53 > Hosted zones . Domain yang sudah berhasil didaftarkan muncul disana dan bisa klik nama domain untuk melihat detail dan melakukan pengaturan record-recordnya.

Berikut tampilan detail dari domain yang sudah di daftarkan.

Selamat mencoba! jika ada isu, feel free untuk diskusi ya!

Sekian!